Tuesday, April 21, 2015

Mengetahui Ukuran Kertas

Kita pasti pernah ngeprint dokumen word, walaupun itu coba-coba atau pertama kali dilakukan. Terus waktu ane cetak ternyata kertasnya masih sisa banyak ni di bawahnya, kan jadi tidak seimbang kayaknya ane jadi kelihatan miskin kata-kata banget. Hehehe pengalaman probadi, tapi setelah ane berobat ke klinik *tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttt. Ups salah hahaha. Tapi setelah ane belajar pengaturan halaman dan ukuran kertas, ternyata waktu itu ane tidak mengatur ukuran kertas yang ane pake :D.

Sebelumnya ane harus tahu dulu ni ukuran kertas apa aja yang bisa ane pakai di printer office (kantor). Karena pada umumnya printer kantor itu hanya dapat mencetak maksimum ukuran Legal. 

Berikut ane liat ukuran ukuran kertas yang ada di Microsoft Word & Excel gan.

Cekidot ane lagi ngamal jadi ane ketikin ya gan :

  1. Letter 21.59 cm x 27.94 cm (di Indonesia disebut Kuarto gan)
  2. Tabloid 27.94 cm x 43.18 cm (kagak muat di printer kantor gan)
  3. Legal 21.59 cm x 35.56 cm (paling gede yang bisa di print di printer kantor, tapi beli kertasnya gak tau dimana gan :D)
  4. Executive 18.41 cm x 26.67 cm (belum pernah pake gan tapi jelas ini agak kecil)
  5. A3 29.70 cm x 42.00 cm (ini ukuran kertas gambar anak SMA gan, jelas kagak bisa di print karena gak muat)
  6. A4 21.00 cm x 29.70 cm (ini sering dipake gan buat ane bikin surat lamaran dan CV hehehe)
  7. B4 (JIS) 25.70 cm x 36.40 cm (kagak muat diprint gan)
  8. B5 (JIS) 18.20 cm x 25.70 cm (ane jarang pake ini juga)
  9. Envelope #10  10.48 cm x 24.13 cm (ini buat amplop gan biasanya buat print kop & tujuan surat)
  10. Envelope Monarch 9.84 cm x 19.05 cm (ini amplop kecil buat kondangan gan)
  11. F4 (Folio) 21.59 cm x 33.01 cm (ini yang sering ane pake dan banyak tersedia di tukang photocopy gan)


Banyak kan gan? Dari pengalaman ane yang pernah kerja di bidang administrasi, ane cuma sering pake ukuran Letter, A4, Envelope #10 dan F4 (folio), karena ukuran kertas ini lah yang paling banyak tersebar di pasaran gan :D.

Ukuran Letter biasa anepake buat pengajuan proposal, karena lebar dan panjangnya jadi tidak terkesan, “Wah panjang banget ini proposal!” gitu gan.

Ukuran A4 biasa ane pake buat surat-surat keluar gan, ane pake juga buat surat lamaran dan CV (curriculum Vitae).

Ukuran Envelope #10 biasa ane pake buat ngeprint Kop perusahaan di amplop, biar ane kelihatan profesional gitu hehehe :D.

Ukuran F4 (folio) biasa ane pake untuk surat yang isinya agak panjang dan padat gan seperti surat pembagian tugas atau surat lampiran yang isinya super panjang :D.

Nah itu dia ukuran-ukuran kertas gan, sedikit catatan kalau di komputer standarnya tidak ada ukuran F4 (Folio), karena F4 (Folio) masuk kategori Custom Size gan. Jadi agan-agan harus custom sendiri ukurannya. Cara Custom nya nanti ane post lagi :D)

Demikian info ukuran kertas yang ane jelasin gan, semoga bermanfaat buat agan-agan :D.

No comments: